Jumat, 20 Juni 2014

Air Terjun Ai Beling




        Air Terjun Ai Beling ini berada di Desa Brangrea, Kecamatan Moyohulu, Kabupaten Sumbawa, Propinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. air terjun Ai Beling. Air terjun ini terletak di desa Sempe, tepatnya sekitar 20 KM ke arah barat daya dari kota Sumbawa Besar. Air terjun ini pastinya bakal memanjakan mata kalian, secara konturnya yang berundak – undak yang dialiri air dan dihiasi oleh bebatuan. 





              Dalam Bahasa Indonesia, nama Ai Beling memiliki arti berupa “Air Bicara”, cukup aneh memang jikalau di pikirkan kenapa air terjun ini di beri nama air terjun Ai Beling. Menurut beberapa sumber yang ada, air ini di beri nama seperti itu karena kerap kali terdengar suara tangisan seorang perempuan di lokasi wisata yang satu ini. Percaya tidak percaya memang, tapi itulah cerita yang ada, konon katanya ada seorang gadis yang dulu pernah bunuh diri di lokasi air terjun ini karena di jodohkan oleh orang tuanya, dengan lelaki yang bukan kekasih hatinya, jadi sampai sekaranga tangisan kesedihan itu masih sering terdengar. Namun, ada juga yang mengatakan Air Terjun ini diberi nama Ai Beling karena suara dari gemuruh air terjun ini sangat kuat, apalagi jika sedang musim penghujan, suaranya bisa terdengar hingga kejauhan 5 kilometer. 




       Air terjun ini berasal dari pegunungan yang ada di bagian selatan, jadi wajar saja kalau airnya begitu jernih dan segar. Air terjun ini juga sangat unik, bentuknya yang bertingkat-tingkat membuat Air terjun yang satu ini terlihat sangat cantik. Pancuran utama adalah pancuran yang ada di bagian kedua sudutnya, sedangkan pancuran yang kecil-kecil berasal dari aliran air yang masuk ke celah-celah batu cadas tersebut. Air Terjun Ai Beling – Gemuruh air terjun memang selalu membuat hati kita bergetar, entah itu bergetar karena takut, ataupun terlalu bersemangat. Nah, Air Terjun Ai Beling yang ada di Sumbawa ini memiliki gemuruh yang sangat kuat lho, dan tentunya juga memiliki pemandangan yang sangat indah, pokoknya anda wajib untuk datang ke lokasi air terjun ini.
 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar