Selasa, 17 Juni 2014

Moyo Island

 



         Pulau Moyo adalah pulau yang sepi dan kecil namun memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Pulau Moyo terletak di sebelah utara Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat. Pulau Moyo menjadi salah satu tujuan wisata kelas dunia. Meskipun kecil, pulau yang eksotik dan tenang ini memiliki kekayaan alam yang luar biasa Untuk mencapai Pulau Moyo sangatlah mudah. Perjalanan dengan mobil dapat ditempuh dari Sumbawa Besar ke Ai Bari, kampung pesisir yang terletak sekitar 20 kilometer  Utara Sumbawa Besar. Perjalanan dari Ai Bari ke Pulau Moyo dapat ditempuh selama lebih kurang 15 menit dengan speedboat, atau menggunakan kapal ketinting.  

          Berkunjung ke pulau ini, kita bisa melihat keindahan alam yang masih alami. Hutan yang indah dan nyaris tak tersentuh, air terjun dan sungai-sungai alami, serta keindahan bawah laut yang tiada habisnya. Selain hiking di hutan, menyusuri sungai dan air terjun, beberapa gua yang dapat dicapai dengan berjalan kaki, bisa menjadi alternatif kegiatan


    
       Salah satunya adalah Gua Ai Manis yang harus dicapai dengan sedikit memanjat tebing. Gua ini tempat bersarangnya ratusan kelelawar. Selain itu, aktivitas lain yang bisa anda lakukan adalah trekking selama dua jam yang bisa dimulai dari Labuan Haji, ke arah Air terjun Brang Rea (Sungai Besar) yang terletak di tengah pulau.Pulau Moyo juga merupakan “surga” bagi pencinta burung. Dari 124 spesies burung yang terdapat di Sumbawa, 86 jenis di antaranya berada di pulau ini. Spesies burung langka juga bisa anda temukan di sini. Diantaranya adalah Kakatua berkepala kuning serta burung Gosong. Burung yang terakhir, memang unik karena mengandalkan tanaman dan ranting untuk menghasilkan panas selama masa inkubasi telurnya.
Bila ingin snorkeling atau menyelam, kawasan sekitar pulau menawarkan berbagai keindahan bawah laut yang juga tak kalah menarik. Tamanlaut yang membentuk formasi karang lunak dan keras yang indah, bisa ditemukan pula sponge (spon) dan crustacea.


         Pulau Moyo juga menawarkan keindahan alam bawah laut. Hampir keseluruhan pulau dikelilingi karang yang masih dalam keadaan baik dan belum rusak. Hiu dengan panjang kurang lebih dua meter, anemon, pelagik, belut, groupers bahkan manta, semua ada. Bila Anda ingin diving, Anda bisa melakukannya di sekitar Pulau Medang, yang terletak di Barat Laut Pulau Moyo.

          Mulai dari hutan hujan, hutan bakau (mangrove), hingga padang rumput (savana). Selain itu, dengan mengunjungi pulau ini, pengunjung dapat melihat ratusan kupu-kupu yang beterbangan, pepohonan dengan berbagai ukuran, dan beragam burung. Beragam jenis ikan dan terumbu karang pun juga terdapat di pulau yang memiliki garis pantai sejauh 88 km ini. Keistimewaan berwisata ke Pulau Moyo, pengunjung dapat melakukan beberapa kegiatan. Seperti, hiking di hutan dengan keindahan yang masih alami, menyelami keindahan bawah laut, ataupun sekadar bersantai di pantai. Memasuki kawasan hutan di Pulau Moyo, pengunjung dapat menikmati keindahan yang masih alami yang jarang tersentuh. Pengunjung dapat menyusuri sungai-sungai yang ada di kawasan hutan. Selain itu, pengunjung juga dapat bermain air seraya menikmati keindahan Air Terjun Brang Rea yang terletak di tengah Pulau Moyo.Usai menikmati berbagai petualangan seru di Pulau Moyo, pengunjung dapat beristirahat sejenak dengan menikmati panorama matahari tenggelam di pesisir pantai Pulau Moyo. Hamparan pasir putih yang membuat pantai di Pulau Moyo tampak sangat cantik, ombak yang berlarian mengejar bibir pantai, serta diiringi senja yang membuat suasana menjadi semakin romantis, ampuh menghilangkan semua kelelahan usai berpetualang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar